Sejarah

  • Home
  • Profil
  • Sejarah

Sejarah

SEJARAH YAYASAN NUSAPERSADA SALATIGA

                Bermula perbincangan ringan beberapa orang alumnus Universitas Kristen Satyawacana (UKSW), alumnus Universitas Diponegoro (UNDIP), dan alumnus Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) yang berasal dari Kota Salatiga, mereka berkeinginan mendarmabaktikan pemikiran, daya, dan dana untuk berdirinya lembaga pendidikan di Salatiga atau sekitarnya. Ide tersebut mendapatkan tanggapan positif beberapa orang peduli pendidikan baik pejabat Ekskutif maupun Legislatif , pelaku pendidikan menengah maupun pendidikan Tinggi di Kota Salatiga, maka dibentuklah sebuah Yayasan penyelanggara pendidikan, dengan nama “Yayasan Nusapersada Salatiga” akta notaris nomor 73  disahkan oleh Kemenkumham no. AHU.2611.AH.01.04. TAHUN 2009.

susunan Pengurus Yayasan :

Pembina              : DR. H. Andhi Pramono, S.E., M.M.

                                  DR. H. Triyono, M.Eng.Sc.

                                  Drs. Waluyo Eko Cahyono, M.Sc.

 

Pengawas           :  DR. Imam Sutomo, M.Ag.

   Drs. H. Zaenuri, M.Pd.

 

Ketua                    :  Drs. H. Purwanto, B.Sc. M.Pd.

Sekretaris            :  Suroso Kuncoro,S.H., M.H.

Wkl. Sekretaris  :   Edi Leksono,A.Md.

Bendahara          :   Drs. Djoko Margono,M.Pd.

Wkl. Bendahara:   Arwanita, S.E.

                                   

                Dengan memanfaatkan modal awal Aset tanah yang dimiliki Yayasan Nusapersada terletak di dua tempat, lokasi pertama tanah seluas ± 2 hektar terletak di desa Karangbalong, Kec. Tengaran, Kab. Semarang, lokasi kedua tanah seluas ± 3000 m 2 terletak di desa Cebongan Kec. Tingkir, Kota Salatiga, maka pengurus Yayasan memutuskan berdirinya sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).   

Langkah awal yayasan mempersiapkan rintisan berdirinya sebuah lembaga pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan melakukan penjajagan kepada para pejabat yang berwenang di lingkungan Salatiga maupun Kabupaten Semarang. 

                Dengan berbagai pertimbangan pada tanggal 14 Juni 2014 rapat Pengurus harian Yayasan Nusapersada Salatiga,  memutuskan mendirikan SMK di lokasi tanah desa Karangbalong Kec. Tengaran, Kab. Semarang dengan nama SMK NUSAPERSADA jurusan FARMASI dan MULTIMEDIA.

                Segala perizinan yang menyangkut pendirian sekolah telah diurus izin mendirikan Bangunan (IMB) No. 153 tanggal 11 November 2013 ; Izin Lingkungan Hidup No. 660.1/UKL-UPL/12/X/2013, tanggal  28 Oktober 2013; Izin Dampak Lalu lintas 050/4903/ADLL/XII/2013 dan Rekomendasi Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kab. Semarang tentang Izin Pendirian Sekolah (SMK Nusapersada) No. 421. 3/795,  tanggal 21 April 2014, selanjutnya Surat Keputusan izin Operasional Sekolah (SMK Nusapersada) No. 421.3 / 1087/ 2014,  tanggal 19 Mei 2014,  dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Semarang.

                Bangunan sekolah yang telah dibangun di lokasi pertama sebuah gedung berlantai 2 (dua) dengan 3 ruang belajar; 2 ruang lab. (Farmasi dan Multimedia), Ruang Kepala Sekolah, Ruang Kantor administrasi, Ruang Guru, Ruang BP/BK, Ruang Waka, Ruang Perpustakaan, Ruang UKS dan Mushola, serta kamar mandi/WC untuk siswa dan untuk Guru. Sedangkan di lokasi kedua juga dibangun gedung 2 lantai, terdiri dari yang terdiri 6 ruang teori, 1 ruang kantor, 1 ruang Aula.

Pada Tahun Pelajaran  2014-2015 SMK Nusapersada  telah mendapatkan izin pendirian dengan Rekomendasi nomor 421.3/795, tanggal 21 April 2014  dan Izin operasional  dengan SK  Nomor : 421.3/1087/2014, tanggal 19 Mei 2014 dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten  Semarang.             

Visi SMK Nusapersada “Menjadi SMK penghasil tamatan yang berkompeten, cakap, mandiri, dan terampil dibidang Farmasi maupun Multimedia,  mampu bersaing di tingkat Nasional dan berbudi pekerti yang luhur

SMK Nusapersada membuka pendaftaran siswa baru untuk Tahun Pelajaran 2014-2015, dan mendapat respon positif dari masyarakat, dengan :

Jumlah Pendafatar  sebanyak  113 anak dari berbagai SMP Negeri / Swasta, baik dari Kota Salatiga maupun  dari Kab.  Semarang bahkan dari Temanggung, Lampung, dan  Kab. Boyolali.

Calon siswa yang diterima sebanyak  62 siswa , dengan rincian sesuai program keahlian sbb.:

  • Farmasi          :   43 siswa ( 2 kelas/ rombongan belajar)
  •  Multimedia  :   19  siswa ( 1 kelas/ rombongan belajar)

SMK Nusapersada mulai masuk sekolah pada Senin,  14 Juli 2014, diawali dengan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) selama 3 tiga hari dari tanggal 14 – 16 Juli 2014.

Jumlah tenaga pengajar  SMK Nusapersada sebanyak  14  orang  memiliki kualifikasi pendidikan S-1 dan S-2 , dengan  Guru berstatus  Tetap Yayasan  sebanyak  6 orang, Staf  TU  1 orang,  dan  Guru Tidak Tetap sebanyak 8 orang.

Kegiatan pembelajaran SMK Nusapersada mulai  Tahun Pelajaran 2014-2015 telah menerapkan Kurikulum 2013. SMK Nusapersada juga telah memperoleh droping  buku-buku pegangan Siswa maupun guru sesuai dengan kurikulum 2013, sehingan siap melaksanakan pembelajaran dengan Kurikulum 2013.  

                Demikian awal berdirinya SMK NUSAPERSADA, yang mendapat sambutan positif dari masyarakat di wiayah sekitar Kab. Semarang dan Kota Salatiga.

               

                                                                                                                                Salatiga, September 2014

 

                                                                                                                                Ketua Pengurus

 

                                                                                                                                Drs. H. Purwanto, B.Sc.,M.Pd.